Sabtu, 02 Agustus 2014

daftar obat - obatan mudik

assalamu'alaikum 
di tanggal 1 agustus ini saya baru membuat blog ini maklum sibuk padahal sok sibuk hoho

yoo sobat sehat.. udah telat niih sebenarnya
 berhubung dengan arus mudik setelah HARI RAYA kali ini saya akan memposting DAFTAR OBAT MUDIK yoo simak


Dalam kamus besar indonesia, mudik (mu'dik) bermakna (berlayar,pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman) pulang ke kampung halaman (udik).
Mudik biasanya dimulai pada H-5 dengan puncaknya di H-1 sebelum hari raya Idul Fitri. Sudah punya rencana untuk mudik ? apa saja yang perlu direncanakan ? kalau pada coretan kemarin kita bahas tentang cara penggunaan obat khusus Cara Menggunakan Tablet, Cream Dan Suppositoria Ovula, sekarang kita bahas tentang obat-obatan mudik, Apa saja obat-obatan itu ?

Daftar Obat-obatan Mudik

PPPK
Kita mulai dari perlengkapan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan. Dalam 1 kotak P3K standar berisi 1 rivanol kecil | 1 kapas gulung kecil | 1 perban kecil | gunting kecil | povidone iodine kecil | balsem kecil. Ada juga paket P3K yang menyertakan kebutuhan lebih lengkap dari yang saya sebutkan, belilah sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan anda membawa perlengkapan ini saat akan melakukan perjalanan panjang. Kotak P3K ini akan mudah anda bawa saat menggunakan kendaraan mobil pribadi. Pastikan perlengkapan ini sudah siap dan lengkap saat anda melakukan perjalanan mudik dengan mobil.

Obat Antimabuk
Motion sickness atau mabuk perjalanan pada beberapa orang sangat peka terhadap gerakan-gerakan tertentu yang mengaktifkan sistem vestibularis (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam)  terganggunya sistem ini menyebabkan gejala pusing (dizziness) dan mual. Level neurotransmiter yang berperan yaitu histamin, asetilkolin, dan norepinefrin. Karena itu, obat yang bekerja melawan motion sickness adalah obat yang mempengaruhi atau menormalkan lagi level neurotransmiter ini. Beberapa gerakan penyebab mabuk perjalanan adalah : Turbulensi pesawat, gelombang laut, dan gerakan bus saat perjalanan berkelok dan terjebak kemacetan. Apa bahayanya untuk para pemudik ? mabuk perjalanan yang hebat bisa menyebabkan tekanan darah turun sampai menyebabkan pingsan. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi juga bisa terjadi. Kekurangan mineral bisa mengganggu kerja jantung dan otot sehingga kita menjadi lemas dan lesu. Contoh obat : Dimenhidrinat dengan nama paten antimo anak/dewasa, Dramamine.

Catatan : untuk pemudik yang mengendarai kendaraan atau sopir sebaiknya tidak meminum obat ini sebelum perjalanan karena seperti anti histamin lainnya obat ini akan menyebabkan kantuk yang hebat.

Obat Demam
Perkirakan waktu tempuh perjalanan anda juga cuaca yang mungkin berbeda dengan daerah tujuan. Kondisi cuaca di jalanan akan terasa lebih panas atau lebih dingin daripada saat anda di dalam rumah. Faktor cuaca ini akan berpengaruh pada kondisi imunitas dan kesegaran tubuh, sehingga bisa menurunkan imunitas yang ditandai dengan demam.  Jika anda terserang demam saat perjalanan sebaiknya istirahat dan minum obat penurun panas tunggal yang tidak memiliki kombinasi obat lain. Contoh obat : Paracetamol 500mg, ibuprofen 200mg lebih baik dalam bentuk tablet agar praktis dibawa.

Obat Diare
Dalam kondisi mudik pastinya anda akan makan di rumah makan dengan menu makanan yang bermacam-macam. Salah makan terkadang dapat menimbulkan masalah pada pencernaan yang berujung diare akut karena faktor kebersihan dari makanan tersebut. Inti pengobatan diare adalah memberikan cairan untuk menghindari terjadi dehidrasi. Anda cukup membawa 1 obat diare yang banyak beredar di pasaran yang mengandung attapulgit, kaolin, pectine. Contoh obat : Entrostop, Diapet, Loperamid, Oralit.

Catatan : Jika mengalami diare hebat (BAB lebih dari 10x, feces berdarah) sebaiknya langsung dibawa ke RS terdekat

Obat Alergi
Saat perjalanan melintasi kota, provinsi atau mungkin lain pulau, perkirakan kondisi alergi anda jika ada. Banyak bentuk alergi yang terjadi pada tubuh manusia, pada kasus mudik ini perlu diperhatikan adalah kondisi cuaca tempat tujuan mudik apakah sama dengan tempat tinggal sehari-hari atau tidak. Bahan-bahan yang dimasak ketika berada di rumah makan yang kita temui di perjalanan tidak seperti di rumah sendiri yang bisa kita pilah-pilih. Jadi, tidak ada salahnya membawa obat alergi agar bisa tenang menyantap apa saja tanpa khawatir diserang alergi. Contoh obat : Cetirizine, Chlorfeniramine maleat, Dimenhidrinat, Loratadine dll.

Catatan : untuk pemudik yang mengendarai kendaraan atau sopir sebaiknya tidak meminum obat ini sebelum perjalanan karena seperti anti histamin lainnya obat ini akan menyebabkan kantuk yang hebat.

Obat Konstipasi
Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Banyak penyebab konstipasi, dalam kasus mudik biasanya perubahan pola makan dan asupan makanan yang kurang berserat yang menyebabkan konstipasi. Bahkan kemampuan kita beradaptasi pada suatu tempat juga bisa menjadi penyebabnya. Adaptasi yang dimaksud adalah adaptasi tempat BAB (buang air besar), ada beberapa individu yang tidak nyaman BAB di tempat selain toilet pribadinya. Jika ini terjadi pada saat anda harus mudik maka akan menjadi masalah tersendiri untuk kesehatan anda. Contoh obat : Obat pencahar Bisacodil/Dulcolax, Laxadine dan minum air putih hangat, meminum minuman prebiotik dan probiotik serta biasakan makan makanan berserat.

Obat-obatan Pribadi
Jika saat melakukan perjalanan mudik dan anda sedang berada dalam masa terapi pengobatan maka pastikan jangan lupa membawa obat resep dari dokter. Tebuslah obat sebelum melakukan perjalanan mudik agar perjalanan anda tidak terganggu harus mencari apotek di kota lain terlebih jika obat-obatan yang diminum termasuk obat yang langka di pasaran. Resep obat yang mengandung narkotik dan psikotropik juga tidak diperbolehkan ditebus diluar daerah dokter yang meresepkan. Atur jadwal minum dengan jadwal pemberhentian istirahat anda serta tempatkan obat-obatan pribadi pada tempat khusus tidak tercampur dengan obat umum lainnya. Contoh pasien yang perlu membawa obat-obatan pribadi : pasien Hipertensi, pasien Hiperlipidemia, pasien Diabetes, pasien Asma, pasien Tinggi Asam Urat, pasien Jantung dan pasien penyakit lain yang memerlukan terapi obat-obatan teratur.Biasakan selalu berkonsultasi pada Dokter dan Apoteker terkait terapi obat yang sedang dijalani sebelum melakukan perjalanan jauh.

Lain-lain
Perlengkapan mudik lainnya yang berhubungan dengan kesehatan adalah
  • Minyak angin (minyak angin aromatik, minyak kayu putih dll). Fungsi dari minyak angin ini adalah membuat badan rileks dan nyaman sehingga tidak tegang saat diperjalanan, hal inilah yang menyebabkan minyak angin bisa mencegah mabuk perjalanan.
  • Bisa juga anda tambahkan produk jamu penyegar badan yang mengandung jahe seperti tolak angin, antangin, bintangin dan produk sejenis lainnya.
  • Multivitamin juga diperlukan saat perjalanan anda lebih dari 5 jam agar tubuh tetap fit dan sehat saat ber-Idul Fitri nanti.
  • Gel pembersih tangan yang mengandung antiseptik juga diperlukan saat melakukan perjalanan mudik untuk menjaga kebersihan tangan, karena tangan adalah sumber bakteri yang masuk dalam tubuh.
  • Gel/Cream Otot saat anda bertugas sebagai sopir, ada baiknya anda menyiapkan walaupun dalam bentuk kecil.

Yang paling utama dan terutama dari semuanya adalah berdoa sebelum keberangkatan mudik anda. Catatan penting mengenai obat-obatan mudik ini adalah sopir sebaiknya tidak sembarangan minum obat. Beberapa obat juga harus dilihat dulu efek sampingnya, jika mempengaruhi sistem syaraf pusat sehingga terjadi gangguan kesadaran ringan. Persiapan sopir sebelum mudik adalah seminggu sebelum melakukan perjalanan untuk mempersiapkan kondisi fisik dengan tidur selama lebih kurang 6 jam. Punya pengalaman mudik terkait dengan obat-obatan mudik ? Jika diperlukan lakukan konsultasi obat-obatan yang anda gunakan kepada Apoteker sebelum keberangkatan mudik silahkan share pada kami melalui kotak komentar.

Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab
Aji Wibowo. S.Farm.,Apt.,M.P.H
Sumber : Berbagai Sumber


Daftar Obat - Obatan Mudik



1 komentar:

  1. emang sob segalanya harus dipersiapkan dengan baik untuk mudik ini, karena kita gak tau apa yang bisa terjadi di perjalanan. kehati-hatian juga diperlukan, jangan tergesa-gesa dan malah menimbulkan ksecelakaan yang tidak diinginkan.

    http://obatasliindonesia.com/

    BalasHapus